Senin, 06 Agustus 2018

Murtad dari Blogspot

Alhamdulillah setelah dinanti-nantikan dalam waktu yang cukup lama, saya berhasil migrasi dari domain blogspot.com menuju .com. Gegaranya sih karena tergiur sama promo domain juga hosting dari rumahweb.com yang harganya relatif murah. 

Pas lah untuk kantong mahasiswa meskipun dalam beberapa hari ke depan ini bakal ada penghematan yang ekstremnya rada-rada. 

Pertama kali gunain blogspot sebenarnya pas zaman MTs, waktu itu ada pelajaran TIK dan pembahasannya  tentang html di blogspot pake aplikasi notepad PC. Karena topiknya seru jadilah secara ngga langsung saya bikin akun blogspot pertama dengan nama blog yang alaynya minta ampun ( www. noe-ibnoe.blogspot.com/ ). Desain dan format tulisannya emang agak nelangsa ditambah isinya  yang absurd gak ketulungan yang kebanyakan cuman nyomot artikel website lain tanpa dikasih sumber, selain artikel yang hasil nyomot, pelan-pelan saya juga mulai nulis 1 post/ year.
Karena lupa pasword dan juga mulai sadar kalo nama blognya bisa malu-maluin keluarga, saya mutusin buat migrasi ke nama blog yang lebih relevan juga mudah diingat ( www.ibnudharma.blogspot.com ). Isinya pun Insha Allah lebih bijak dan bermanfaat. 

Alasan Murtad

Nah, karena domain .blogspot.com ini template nya gitu-gitu aja dan minim variasi yang kadangkala bisa buat saya jenuh, akhirnya saya mutusin buat pindah ke .com yang secara template banyak variasi dan mudah dalam kustomisasi. Kedua,  kebetulan banget rumahweb.com sedang ada promo murah untuk domain dan juga hosting .com jadinya saya kepincut untuk beli. Ketiga, karena domain .com ini berbayar dan sayang banget kalo dikosongin aja, harapannya sih bisa jadi pecutan untuk nulis, kan sayang udah beli tapi malah ngga digunain. Keempat, biar lebih keliatan profesional dan ganteng tentunya. Eh, tapi kalo ganteng mah udah dari rahim sih.
Sebelum migrasi kesini sebenarnya saya udah nyoba beberapa website yang memberikan jasa serupa. Pernah ke medium, selasar dengan sistem kurasinya, tumblr yang kena block pemerintah, sampe wordpress.com. Tapi karena alasan-alasan di atas tadi saya kayaknya bisa mulai betah beropini disini selama setahun. Tau deh kalo taun depan, moga aja masih bisa dipromo in, hehe.
Kalo boleh dikata, agak berat juga pindah domain, karena blog saya yang dulu ibnudharma.blogspot.com udah punya traffic yang cukup bagus di google ditambah hingga saat ini visitornya udah lebih dari 10.000 an (kemungkinan saya yang refresh 7000 kali) sehingga jadi bargaining position sendiri kalo search nama Ibnu Dharma di google. Tapi karena ada menu direct link saya rasa kegalauan saya bisa sedikit terobati lah ya.
Terakhir, saya mau terima kasih sama teman FILKOM saya yang udah bantuin migrasi juga murtad dari blogspot.com ke .com. Yang udah bantu ajarin gunain Cpanel, cara nginstal script wordpress juga ngejawab pertanyaan tetek bengek saya sampe jam 12 malam. Hatur nuhun pisan  Huda.
Saya rasa medium dalam melebar sayapkan perspektif berbentuk opini bisa dimana saja dan lewat jalur apapun itu, sesuai dengan selera masing-masing juga, bisa lewat selasar, medium, blogspot, wix, kompasiana dan masih banyak lagi. Yang penting adalah istiqomah dalam menjalani juga aktualisasi pada pembaharuan-pembaharuan. Semoga saya dan kamu adalah bagian dari itu.
Bismillah, sila ingin membaca tulisan-tulisan saya, insha allah saya akan mulai rutin menulisnya di blog baru saya yaitu ibnudharma.com. Saran dan kritik sangat membantu :)

Malang,
05/08/2018
Ibnu Dharma Nugraha




Share:

0 komentar:

Posting Komentar